Cara Menghadapi Anak yang Pilih-pilih Makanan

ANAK yang suka pilih-pilih makanan alias picky eater jelas membuat cemas orangtua. Saat kebutuhan gizi harus dipenuhi, tapi si kecil malas makan, orangtua harus segera putar otak.

Simak beberapa tip untuk mendorong keinginan makan anak, berikut ini:

Menawarkan makanan sesering mungkin

Gunakan kreativitas Moms untuk menarik hati anak agar dia mau makan, baik dengan memvariasikan makanan dalam berbagai macam masakan dan bentuk makanan sambil masuk ke dalam permainan anak. Mencoba dengan bahan yang sama tetapi dengan resep yang berbeda, misalnya jagung selain dibuat sop, bisa juga dimasak untuk dadar jagung, atau makanan selingan seperti kue jagung. Usahakan agar anak selalu makan (makanan utama) 3 kali sehari agar nutrisi yang masuk dalam tubuh anak terjaga. Kalaupun menyuapi anak, lakukan dengan sabar.

Berikan reward

Berikanlah anak reward jika dia mampu menghabiskan makanannya. Reward, tak melulu dengan hadiah, pujian pun tak masalah.

Tanpa amarah

Jangan pernah memaksakan anak untu makan dengan amarah, sehingga anak mau makan karena takut. Hal ini akan mempengaruhi perkembangan emosinya yang dapat berakibat anak makin sulit makan, dan menjadikan makan sebagai suatu hal yang mengerikan baginya.

Hindari makanan beraroma keras

Makanan beraroma keras seperti mengandung MSG (monosodium glutamat/penyedap rasa). Karena, anak terbiasa dengan zat tersebut, sehingga tidak mau makan jika lidahnya merasa hambar terhadap masakan yang tersedia.

Vitamin bila perlu

Berikan vitamin nafsu penambah makan yang mengandung Prebiotik & DHA bila perlu. Pun mengandung kurkuminoid (temulawak) yang berguna untuk menambah nafsu makan.

Prebiotik berguna untuk meningkatkan fungsi pencernaan, penyerapan nutrisi dan juga daya tahan tubuh serta DHA yang merangsang perkembangan sel otak anak, merangsang penyusunan dinding sel saraf hingga timbul penampang yang baik di otak. Dengan DHA, sel-sel saraf bisa saling berorganisasi dan berhubungan dengan cepat. Bila itu terjadi maka anak akan cepat bereaksi sehingga anak menjadi lebih cerdas.

Vitamin B kompleks yang membantu proses pertumbuhan dan metabolisme tubuh seperti metabolisme karbohidrat, protein dan juga lemak dalam tubuh serta pembentukan energi. Dan yang tak kalah penting adalah Beta Karoten yang berguna untuk memenuhi kebutuhan vitamin A untuk kesehatan mata. (Sumber: Tabloid Mom & Kiddie)

Leave a comment

Filed under Kesehatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s